5 Bukti Bahwa Sertifikat ISO Adalah Gambaran Keberhasilan Perusahaan

Pentingnya Travel Umroh Haji Untuk Kenyamanan Ibadah
9 Agustus 2019
kanopi minimalis
Spesialis Kanopi Minimalis Terpercaya – CV. Sinar Panca Karya
11 Januari 2018
Sertifikat ISO adalah 2

Sertifikat ISO adalah – Perusahaan yang mengaku sudah sesuai dengan standar yang diterapkan ISO dapat dibuktikan dengan cara menunjukkan sertifikat ISO. Sertifikat ISO adalah selembar kertas yang bisa membuat sebuah perusahaan dipandang lain oleh masyarakat dan dunia. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai peran sertifikat ISO.

Sertifikat ISO adalah 1

Sertifikat ISO Adalah?

  1. Bukti Bahwa Perusahaan Kredibel

Peran pertama sertifikat ISO adalah sebagai bukti bahwa perusahaan tersebut kredibel. Adanya satu atau beberapa sertifikat ISO berarti bahwa sebuah perusahaan telah melalui beberapa pengujian oleh auditor.

Artinya, mereka telah melakukan berbagai upaya untuk berbenah dan memperbaiki diri sesuai standar minimal yang diberlakukan di seluruh dunia. Di Indonesia, auditor perusahaan bukan dilakukan sembarang orang, namun dilakukan oleh ahli yang berpengalaman.

Jadi ketika sebuah perusahaan dapat menunjukkan sertifikat ISO tertentu, bisa dipastikan ia dapat dipercaya. Pasalnya, proses audit bukan hanya berlalu dalam beberapa jam. Namun terkadang bisa memakan waktu lama.

  1. Bukti Bahwa Produk Berkualitas

Jika sebuah perusahaan memiliki sertifikat ISO 9001 misalnya, berarti ia telah lulus uji manajemen mutu. Artinya produk yang dihasilkan berkualitas dan manajemen produksi baik.

Aspek dalam pengujian mutu ini sangat banyak. Dimulai dari penilaian kualitas barang, alat produksi, efisiensi kerja bahkan hingga pembiayaan.

Memastikan sebuah produk berkualitas tidak sesederhana memakan kue lalu menyatakan ia enak. Namun harus melalui beragam tes dan pengujian yang panjang dari proses produksinya.

  1. Bukti Bahwa Perusahaan Menjalankan Manajemen Energi Sesuai Standar

Manajemen dalam perusahaan mulai dari manajemen kerja pegawai, lama bekerja pegawai, keselamatan mereka hingga bagaimana proses dokumentasi dalam perusahaan juga dibuat standar oleh ISO termasuk dalam manajemen energi. Perusahaan yang memiliki sertifikat ISO 50001 berarti sudah mematuhi standar pengelolaan energi.

Tujuan ISO 50001 adalah untuk membantu perusahaan mengatur bagaimana mengelola energi dengan baik, agar konsumsi tidak berlebih dan boros. Pemborosan ini tentu tidak hanya berimbas pada keuangan perusahaan namun juga berakibat fatal bagi alam.

Bayangkan jika sebuah perusahaan yang menggunakan bensin sebagai bahan bakar utama alatnya bekerja dalam waktu 20 jam sehari. Ia dapat dipastikan membayar berribu liter bahan bakar per bulan serta mengepulkan terlalu banyak asap.

  1. Bukti Bahwa Perusahaan Bertanggung Jawab Pada Lingkungan

Ada banyak aspek dalam perusahaan. Misalnya keuangan, sistem kerja, pengelolaan alat dan lain sebagainya. ISO manajemen lingkungan mengatur bahkan hingga ke bagaimana perusahaan memperlakukan limbah hasil produksi.

Jika ia sembarangan membuang limbah cair ke sungai, maka perusahaan tersebut tidak akan lulus uji sertifikasi ISO. Mereka harus mengolah limbah agar ketika dibuang ia tidak merugikan alam atau masyarakat sekitar.

Sertifikat ISO adalah bukti bahwa perusahaan tersebut benar- benar peduli dan bertanggungjawab kepada lingkungannya. Ini bukanlah langkah mudah, namun terdiri dari berbagai aspek kecil yang seringkali terlewat oleh para pengusaha pemula.

  1. Bukti Bahwa Tujuan Perusahaan Adalah Untuk Memuaskan Konsumen

Tujuan dalam melakukan bisnis ada sangat banyak. Ada pimpinan perusahaan yang mendirikannya untuk membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Ada juga yang ingin memiliki profit untuk menimbun kekayaan, dan adapula banyak alasan lain yang mendasari tindakan pendiri perusahaan. Peran sertifikat ISO adalah sebagai salah satu bukti, bahwa perusahaan tidak hanya berdiri atas alasan pribadi, namun juga bertujuan untuk memuaskan konsumen.

Sertifikat ini bisa menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan ini menghasilkan barang berkualitas. Tujuannya tentu untuk mendapatkan banyak konsumen yang setia dengan produk tersebut.

Caranya, adalah dengan menjamin mutu produk dan membuat harga produk “masuk akal”. Penerapan standar ISO akan dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan tersebut.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Kemudian ketika perusahaan berhasil menerapkan standar tersebut, ISO akan memberi penghargaan berupa sertifikat. Penjelasan mengenai peran sertifikat ISO ini, bisa dijadikan dasar bagi pengusaha untuk memantapkan niat mengikuti standar ISO. Mengingat banyaknya manfaat dari penerapan ISO meski harus menempuh jalan yang berat.

Salam sukses – Spesialis Kanopi Baja Ringan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat